Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

5+ Formasi Sepak Bola Terbaik dan Penjelasannya

Formasi Sepak Bola Terbaik

Formasi Sepak Bola – Dalam sebuah pertandingan sepak bola tentunya sebuah tim mempunyai formasi atau strategi terbaik untuk menyerang atau bertahan sesuai dengan kondisi dilapangan. Sebenarnya ada banyak sekali macam formasi yang bisa digunakan dalam permainan sepak bola, tapi untuk kesempatan kali ini Penjas.ID akan membahas formasi terbaik yang sering digunakan oleh tim – tim besar nasional ataupun internasional.

Formasi terbaik dalam permainan sepak bola sendiri ada 2 macam yaitu formasi bertahan dan juga formasi menyerang, yang mana tujuan dari kedua formasi tersebut tetaplah sama yaitu supaya tim bisa meraih juara.

Walaupun memiliki tujuan yang sama, tapi pembawaan dilapangan berbeda yang mana formasi bertahan bertujuan untuk menahan serangan dari lawan saat tim tertekan atau salah satu tim berkurang karena terkena kartu merah. Sedangkan formasi menyerang itu kebalikan dari formasi bertahan, yang biasanya bertujuan untuk menekan lawan terus menerus dan ingin meraih sekor secepat mungkin sebelum lawan tahu strategi tersebut.

Formasi Sepak Bola Terbaik

Selain untuk mempermudah dalam meraih kemenangan, sebuah formasi juga bertujuan untuk menentukan tugas dari masing – masing pemain supaya antara pemain satu dengan yang lain bisa tetap konsisten dengan posisi yang sudah diberikan oleh pelatih.

Baca Juga: Tendangan Penalti

Supaya lebih tahu tentang formasi sepak bola, berikut ini merupakan rangkuman formasi sepak bola, tujuan, dan penjelasan dari masing – masing formasi yang ada:

1. Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2
Gambar Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2 bisa dibilang formasi yang paling sering digunakan dan merupakan salah satu formasi yang paling stabil dibanding formasi jenis lainnya. Yang mana dalam formasi ini terdapat 4 pemain bertahan, 4 pemain tengah, dan 2 penyerang. Formasi ini bisa digunakan untuk formasi bertahan ataupun formasi menyerang karena dalam formasi ini ada 4 pemain tengah yang bisa dengan mudah mengkontrol pertahanan dan penyerangan.

Kesetabilan dalam pola permainan membuat formasi 4-4-2 ini sering dipakai oleh tim dari negara besar seperti Spanyol dan juga Inggris.

2. Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1
Gambar Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1 juga bisa dibilang terbaik, yang mana dalam formasi ini terdapat 4 pemain bertahan, 2 gelandang bertahan, 3 gelandang serang, dan 1 penyerang (striker). Formasi jenis ini sangat bagus untuk pola permainan bertahan dan memanfaatkan serangan balik.

3. Formasi 4-3-3

Formasi 4-3-3
Gambar Formasi 4-3-3

Jenis formasi ini tergolong formasi menyerang, yang mana terdapat 4 pemain bertahan, 3 pemain gelandang, dan 3 pemain penyerang. Formasi 4-3-3 ini sering digunakan oleh tim Real Madrid karena pola permainan dari tim tersebut adalah menyerang.

Kelebihan dari formasi 4-3-3 yaitu bisa dengan mudah melakukan penyerangan dari sayap kanan atau kiri yang tentunya membuat strategi bertahan lawan berantakan. Selain itu formasi jenis ini bisa mempermudah dalam melakukan umpan – umpan pendek.

Kekurangan dari formasi 4-3-3 yaitu pemain bisa lebih kelelahan jika tim lawan melakukan serangan terus menerus, dan selain itu juga formasi jenis ini sangat menguntungkan tim lawan jika bisa melakukan counter attack atau serangan balik secara mendadak.

4. Formasi 5-3-2

Gambar Formasi 5-3-2

Jika pola permainan yang tim anda bawa adalah bertahan, maka formasi 5-3-2 ini sangatlah cocok untuk tim Anda, karena dalam formasi ini terdapat 5 pemain bertahan, 3 gelandang tengah, dan 2 penyerang.

Keunggulan Formasi 5-3-2 memudahkan pemain untuk bertahan dari berbagai jenis serangan lawan, dan saat melakukan serangan pemain belakang kanan dan kiri bisa ikut membatu pemain tengah.

Kekurangan Formasi 5-3-2 jika pemain tengah mulai kelelahan maka pola penyerangan akan berkurang, selain itu pada bagian sayap pertahanan sangat lemah saat menghadapi serangan balik.

5. Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2
Gambar Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2 ini sangat sering kita lihat di beberapa tim besar Italia (Serie A) seperti A.S. Roma dan juga Napoli, Formasi jenis ini awal mulanya diperkenalkan oleh Franz Beckenbauer (Jeman) dan Carlos Billardo (Argentina) dalam sebuah ajang Piala Dunia tahun 1986 di Meksiko.

Formasi ini bisa dibilang formasi menyerang karena dalam formasi ini terdapat 3 pemain bertahan, 5 pemain tengah, dan 2 peyerang. Disebut sebagai formasi menyerang karena tugas dari kedua pemain tengah kanan dan kiri bisa dengan mudah untuk ikut serta dalam membangun serangan.

6. Formasi 4-2-4

Formasi 4-2-4
Gambar Formasi 4-2-4

Selain 5 jenis formasi diatas, ada juga formasi lain yang sering digunakan yaitu formasi 4-2-4. Formasi ini berfokus kepada pola permainan menyerangan, yang memang dalam formasi ini terdapat 4 pemain penyerang sekaligus yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu 1 sayap kanan, 1 sayap kiri, dan 2 ujung tombak penyerangan.

Keunggulan dari formasi 4-2-4 tentu saja mudah dalam melakukan serangan, sedangkan kelemahannya yaitu 2 pemain tengah harus bekerja keras karena bertugas membangun serangan dan harus ikut bertahan apabila tim mendapat serangan, hal tersebut tentu sangat menguras stamina.

Mungkin itu dulu formasi sepak bola terbaik yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, jika Anda punya formasi andalan lainnya jangan sungkan untuk memberi tahu kami melalui kolom komentar yang sudah kami sedikan, sehingga kami bisa menambahkan ke daftar diatas.

Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *