Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Sejarah dan Nama Induk Organisasi Bola Voli (Nasional & Internasional)

Induk Organisasi Bola Voli

Induk Organisasi Bola Voli – Hay pecinta bola voli, dalam kesempatan kali ini kami akan membegikan sebuah penjelasan singkat mengenai sejarah dan juga nama induk organisasi dalam permainan bola voli. Pengetahuan ini sangat penting untuk Anda pelajari, karena selain sering muncul di materi belajar sekolah, pengetahuan ini juga bisa menambah wawasan anda seputar permainan bola voli. Berikut ini penjelasannya.

Selain anda harus mengenal lebih dalam tentang sejarah bola voli, hal yang tidak kalah penting untuk diketahui yaitu mengenal nama dan sejarah induk organisasi bola voli itu sendiri. Terkadang orang menganggap remeh akan hal ini, dan hanya berfokuskan dengan latihan dasar saja, sehingga sangat tidak heran kalu ada orang yang jago bermain voli tidak tahu nama dan sejarah iduk organisasi bola voli nasional maupun internasional.

Nama Induk Organisasi Bola Voli

Permainan olahraga bola voli sendiri memiliki dua induk organisasi yaitu untuk ranah nasional adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia), sedangkan untuk ranah internasional adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball). Masih belum banyak yang mengetahui bagaimana sejarah organisasi bola voli yang ada hingga saat ini. Nah maka dari itu, berikut ini kami sajikan ulasan mengenai sejarah organisasi bola voli Nasional (Indonesia) dan Internasional.

Sejarah Induk Organisasi Bola Voli

Karena sejarah organisasi bola voli terbagi menjadi 2 macam, maka dalam artikel ini kami akan mengulas keduanya. Supaya anda bisa mengetahui tugas peran penting dari kudua organisasi tersebut.

Sejarah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia)

PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) adalah salah satu induk pada organisasi permainan bola voli nasional. Induk organisasi ini memiliki peran untuk dapat mengatur bagaimana peraturan dan permainan secara umum untuk bola voli di Indonesia. Pada tahun 1953, salah satu acara rutin nasional yaitu PON (pekan olahraga nasional) III diadakan.

Salah satu pengurus dari perhimpunan bola voli sendiri, mengadakan sebuah rapat untuk pengurus yang diadakan di pertengahan tahun 1954. Dalam rapat inilah, munculah beragam ide dan juga keputusan untuk mendirikan sebuah organisasi bola voli nasional. Namun keputusan tersebut, tidak mudah untuk di wujudkan begitu saja.

Akhirnya salah satu pengurus, mewujudkan ide tersebut dengan mengunjungi salah satu pengurus Komite Olimpiade Indonesia di Jakarta dengan beberapa bantuan dari pihak lainnya. lalu akhirnya dihasilkan beberapa keputusan, seperti adanya sponsor yang di dapatkan dari IPVOS dan juga PERVID dan juga didirikannya PBVSI.

Setelah induk organisasi yang resmi dibentuk, barulah pada 22 Januari 1955 mulai untuk diadakannya rapat untuk menyusun siapa saja pengurus yang bertugas pada organisasi bola voli tersebut. Hal ini yang menjadikan bahwa pada tanggal 22 Januari merupakan tanggal dimana resmi lahirnya induk organisasi bola voli nasional (PBVSI). Susunan untuk organisasi ini, yaitu:

  • Wim J. Latumetan sebagai Ketua
  • Erwin Baharudin sebagai Wakil ketua
  • Soewarno sebagai Penulis dan merangkap bendahara
  • S. Adi Widjaja sebagai Komisi pertandingan
  • Da Graza sebagai Komisi teknik dan pemilih
  • Alimuddin Nasution, Soemadi, R Heinz, Coenraad, W Jocom, dan Soebronto sebagai anggota pertama PBVSI
  • W. Kho Kuy Liong sebagai Komisaris daerah di Surabaya

Sejarah FIVB (Federation Internationale de Volleyball)

Induk organiasi bola voli internasional, pertama kali didirikan di tahun 1947. Sebanyak empat belas federasi yang hadir untuk menghadiri pertemuan kongres konstitutif. Namun hal ini tidak berlangsung cepat, karena butuh waktu selama 2 tahun untuk dapat tercapainya. Lalu di gelar sebuah kejuaraan voli yang di adakan pertama kali secara internasional.

Dari situlah mulai untuk di perkenalkan, turnamen untuk kejuaraan voli perempuan. Lalu pada tahun 1964, juga mulai untuk diadakannya perlombaan olahraga bola voli untuk di masukan kedalam program olimpiade, dan akhirnya membuat sejumlah federasi nasional ikut bergabung dengan FIVB. Hal ini yang membuat pada masa itu anggota FIVB bertambah sebanyak 89 anggota dari berbagai negara.

Dengan diadakannya olimpiade tersebut, mulailah muncul beberapa kebijakan-kebijakan yang sengaja dibuat untuk memajukkan bola voli yang ada di seluruh dunia. Salah satu kebijakannya adalah dengan membentuk kejuaraan atau kompetisi baik untuk laki-laki maupun perempuan. Lalu diadakannya bola voli pantai, yang diadakan sebagai event dalam olimpiade.

Selain itu juga muncullah beberapa perubahan dan peraturan, yang memang sengaja dibuat untuk meningkatkan visibilitas oleh publik.

Lihat Juga: Teknik Dasar Bola Voli

Demikian pengetahuan tentang nama dan sejarah dari organisasi bola voli yang di paparkan secara singkat. Dengan maksud untuk memajukan permainan olahraga bola voli ini, tentunya dengan kehadiran olahraga bola voli ini dibuat dan untuk memajukan visibilitas yang dimiliki masyarakat. Selain mengetahui bagaimana cara bermain dalam permainan bola voli ini, anda juga harus mengetahui bagaimana sejarah yang dimiliki.

Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *