Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Kriteria Bola Sepak: Ukuran / Berat / Bahan (Setandar FIFA)

Kriteria Bola Sepak

Penjas.ID, Kriteria Bola Sepak – Dalam permainan sepak bola tentunya kita harus mengikuti peraturan yang ada, salah satunya yaitu mengenai bola. Bola yang digunakan untuk bermain juga harus sesui dengan setandar FIFA (Federation Internationale de Football Association), yang mana FIFA sudah menentukan kriteria dari bola itu sendiri mulai dari ukuran, berat, bahan, tekanan, warna, dan lain sebagainya.

Kriteria bola sepak yang sesui dengan standar FIFA biasanya digunakan saat pertandingan kelas dunia, untuk pertandingan club-club di Indonesia kemungkinan sekarang sudah mulai mengikuti setandar FIFA. Tapi jika belum jangan sungkan untuk memberi tahu kami ya supaya kami bisa segera memperbaiki kesalahan dalam penulisan.

Materi Lainnya: Teknik Dasar Sepak Bola

Tujuan kenapa bola harus sesuai dengan standar FIFA kurang lebih supaya pemain tidak merasakan perbedaan yang signifikan saat berlaga menggunakan bola merk lain atau bloa khas dari negara tertentu.

Bola Sepak Setandar Internasional (FIFA)

Selain menentukan ukuran, berat, dan juga bahan, ternyata FIFA juga menentukan bentuk bola. Padahal menurut kita pribadi semua bola itu bentuknya sama yaitu bulat. Hal tersebut memang benar, tapi yang dimaksut bentuk yang standar yaitu bentuk bola yang sesempurna mungkin supaya pemain tidak mendapatkan masalah saat mengontrol atau menendang.

Berikut ini beberapa kriteria bola sepak yang sesuai dengan setandar Federation Internationale de Football Association (FIFA):

1. Ukuran Bola Sepak

Ukuran atau diameter dan keliling bola merupakan suatu hal yang paling dipermasalahkan, karena hal inilah yang membuat pemain beradaptasi ulang saat ukuran berubah. Untuk ukuran bola dalam sebuah pertandingan setandar Internasional antara lain yaitu keliling lingkaran (68cm – 71cm) dan ukuran diameter lingkaran (21cm – 22,5cm).

Materi Lainnya: Ukuran Lapangan Sepak Bola

2. Berat Bola Sepak

Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu berat bola itu sendiri yang mana berat bola juga sangat berpengaruh dalam permainan. Untuk berat bola yang sudah ditentukan antara lain yaitu 410 gram – 450 gram.

3. Bahan Bola Sepak

Tidak seperti bola sepak yang sering anda jumpai di pasar – pasar. Untuk bola yang digunakan dalam permainan kelas dunia tidak bolah sembarangan material atau bahan untuk pembuatannya.

FIFA sendiri tidak memberi tahu secara rinci tentang bahan apa saja yang boleh dipakai, yang jelas bahan yang pernah di jelaskan yaitu terbuat dari kulit atau bahan sejenis lainnya.

4. Tekanan Bola Sepak

Kriteria selanjutnya yaitu tekanan, tujuan dari peraturan tekanan sendiri supaya bola bisa setabil saat memantul. Tekanan isi udara dalam bola sepak yaitu diatur pada tekanan antara 8 – 12 psi. Jadi secara rinci saat bola jatuh ketanah maka kelembaman atau pemantulan bola sekitar 60%, atau jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maka harus memantul setinggi 60 cm.

5. Warna Bola Sepak

Mungkin difikiran anda FIFA itu kurang kerjaan, tapi memang hal warna ini ada banyak efeknya terutama bagi pemain. Untuk warna bola sepak yang sesuai dengan standar Internasional yaitu warna bola harus mencolok dan terlihat dengan jelas oleh pemain dan wasit.

Itulah beberapa ulasan mengenai Kriteria Bola Sepak standar Internasional, semoga dengan adanya artikel ini semua pecinta bola ataupun pelajar bisa lebih paham dari semua maksut peraturan tersebut.

Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *