Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya Lengkap!

Posisi Pemain Sepak Bola

Nama Posisi Pemain Sepak Bola – Permainan sepak bola merupakan permainan berregu / tim yang tentunya setiap pemain memiliki tugas masing – masing untuk menjaga pertahanan ataupun penyerangan supaya tim bisa meraih kemenangan. Nah dalam kesempatan sore ini Penjas.ID akan memberikan ulasan menarik seputar nama posisi pemain sepak bola dan sekaligus tugas yang harus dikerjakan dalam sebuah tim.

Memahami posisi pemain dalam sepak bola merupakan hal yang sangat penting,karena jika kita tidak paham akan hal tersebut kita akan kesulitan dalam membangun sebuah pola permainan saat bertanding, selain itu formasi juga tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Seorang pelatih memilih seorang pemain untuk ditugaskan pada posisi tertentu juga tidak bisa asal – asalan, pelatih perlu menganalisa pemain mana yang cocok dan menguasai teknik untuk menjadi seorang kiper, bek, pemain tengah, ataupun penyerang. Kriteria yang cocok untuk penempatan posisi bisa dengan mudah dilihat saat didalam latihan.

Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Posisi pemain sepak bola pada dasarnya terbagi menjadi 4 jenis yaitu kiper, bek, gelandang, dan juga penyerang. Tapi dari 4 jenis posisi tersebut masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian penting. Nah untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak ulasannya berikut ini:

1. Penjaga Gawang (Goal-Keeper)

Penjaga gawang atau kiper merupakan satu – satunya pemain yang boleh memegang bola saat pertandingan berlangsung atau bola hidup. Kiper sendiri dalam bahasa inggris disebut dengan Goal-Keeper atau disingkat GK.

Tugas kiper sendiri tidak lain yaitu menjadi seorang pemain bertahan paling akhir setelah bek, dalam peraturan sepak bola internasional kiper diwajibkan untuk menggunakan sarung tangan.

Kriteria pemain yang cocok menjadi seorang penjaga gawang adalah seorang yang memiliki reflek bagus, penglihatan yang baik, tendangan yang kuat, dan juga tangan yang kuat supaya saat menepis bola yang kuat dari lawan tidak terjadi cidera. Seorang kiper juga memiliki peran utama dalam pertandingan sepak bola, peran tersebut antara lain yaitu saving, clearing, mengarahkan pertahanan dan mendistribusikan bola.

2. Pemain Bertahan (Bek) / Defender

Pemain bertahan atau sering kita kenal dengan sebuatan bek merupakan pemain yang posisinya didepan penjaga gawang (kiper). Dalam bahasa inggris pemain bertahan disebut dengan Defender.

Tugas Bek adalah melindungi kiper dari serangan musuh, mencegah serangan lawan dan memblok tembakan pemain lawan. Bek sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu Center-Back, Wing-Back, dan juga Sweeper, dari bagian tersebut tentunya terdapat tugas yang berbeda beda selain melindungi kiper dari serangan lawan.

  • Center-Back (Bek Tengah)

Bek tengah atau dalam bahasa inggris Center-Back (CB) merupakan pemain bertahan yang berada pada posisi tengan. Jika formasi sepak bola yang digunakan menggunakan 4 pemain bertahan maka bek tengan terdiri dari 2 pemain. Karakter yang cocok untuk menjadi pemain yang berposisikan di Center-Back yaitu pemain yang memiliki tenaga yang kuat, berani mengambil keputusan, dan mampu bersaing dengan penyerang lawan. Contoh pemain yang menjadi bek tengah yaitu Ramos dan Pepe.

  • Wing-Back (Bek Sayap)

Bek yang diposisikan di samping, yaitu bek kiri dan bek kanan. Pemain yang diposisi ini bertugas mencegah lawan menyerang di sisi pertahanan dari arah kiri dan kanan. Selain itu bek sayap juga bertugas untuk membatu penyerangan dari arah sayap kanan / kiri, maka dari itu karakter pemain yang cocok di posisi ini yaitu pemain yang memiliki fisik yang kuat dan lari yang cepat. Contoh pemain yang betugas menjadi Wing-Back adalah Marcelo (Brasil) dan Dani Alves (Brasil).

  • Sweeper (Penyapu)

Posisi dari Sweeper sendiri berada dibelakang garis pertahanan atau didepan kiper, Tugas utama dari Sweeper sendiri yaitu menyapu bola dan mematahkan serangan lawan yang sudah berhasil menembus bek. Biasanya Sweeper ini kita lihat jika tim menggunakan formasi dengan 5 pemain bertahan atau formasi 5-3-2 dll.

3. Gelandang (Midfielder)

Pemain tengah atau sering kita sebut dengan gelandang (Midfielder) merupakan pemain yang ditugaskan sebagai penghubung antara pemain belakang dan juga penyerang, maka dari itu posisi dari gelandang berada di tengah – tengah antara pemain belakang dan penyerang.

Selain menjadi pemain penghubung, gelandang juga memiliki tugas untuk membatu penyerangan dan juga pertahanan permainan.

Kriteria pemain yang cocok untuk diposisikan di gelandang yaitu pemain yang memiliki fisik yang kuat, karena pemain gelandang akan sangat kelelahan jika pola permainan lawan menyerang terus menerus.

Dalam formasi sepak bola gelandang dibagi menjadi 4 bagian yaitu gelandang bertahan, gelandang tengah, gelandang serang, dan juga gelandang sayap. Yang mana dari 4 macam itu memiliki tugas masing – masing. Berikut ini tugas yang diperankan dari 4 bagian tersebut.

  • Gelandang Bertahan

Gelandang bertahan (Defending-Midfielder) biasanya berposisikan di depan garis pertahanan bek. Tugas dari gelandang bertahan sendiri yaitu mencegah serangan lawan sampai garis pertahanan.

  • Gelandang Tengah

Gelandang tengah (Center-Midfielder) berposisikan tepat ditengah lapangan. Tugas dari pemain ini yaitu mengatur pola permainan, menjaga pertahanan tengah lapangan, dan membatu serangan sektor tengah.

  • Gelandang Serang

Gelandang Serang (Attacking-Midfielder) merupakan pemain yang letaknya tepat dibelakang penyerang, tugas dari gelandang serang sendiri yaitu membantu penyerangan dan membuat pola serangan yang cerdik.

  • Gelandang Sayap

Gelandang Sayap (Winger) merupakan pemain tengah yang posisinya di sektor kanan (Right-Winger) dan kiri (Left-Winger). Tugasnya sendiri yaitu membangun sebuah serangan dari sektor kanan / kiri, dan menahan serangan lawan dari sisi tersebut sebelum sampai ke Wing-Back atau bek sayap. Gelandang sayap ini sering kita lihat jika seorang pelatih menggunakan formasi 4-3-3 dan 4-5-1.

4. Penyerang (Forward)

Dalam sebuah permainan sepak bola tentu tidak lepas dengan adanya pemain penyerang, yang mana pemain penyerang sendiri biasanya terlihat yang paling menonjul karena tugasnya sendiri yaitu membobol gawang lawan. Selain itu penyerang juga merupakan ujung tombak dari formasi sepak bola, sehingga diperlukan kriteria pemain yang cerdas, kontrol bola yang baik, dan tendangan yang kuat.

Dalam permainan sepak bola penyerang (Forward) ini umumnya dibagi menjadi 2 macam yaitu penyerang tengah dan penyerang sayap. Tapi balik lagi dengan formasi yang diterapkan oleh tim, jika tim menggunakan formasi 4-2-3-1 maka otomatis hanya terdapat penyerang tengah saja.

  • Penyerang Tengah

Penyerang tengah (striker) atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Center-Forward merupakan pemain yang posisinya didekat dengan gawang lawan. Tugas utama dari striker sendiri yaitu memanfaatkan umpan – umpan yang diberikan oleh tim untuk dijadikan sebuah gol, dan mengalihkan perhatian lawan untuk memberikan peluang kepada teman satu timnya baik itu penyerang sayap atau gelandang serang.

  • Penyerang Sayap

Penyerang sayap atau dalam bahasa Inggris Wing-Forward (WF) merupakan pemain yang posisinya di belakang penyerang tengah atau biasa disebut dengan second striker atau withdrawn striker.

Selain mencetak gol, tugas dari penyerang sayap sendiri yaitu menciptakan serangan dari sektor sayap lawan. Maka dari itu pemain yang diposisi ini harus memiliki kecepatan dalam berlari.

Baca Juga: Formasi Sepak Bola Terbaik

Nah itulah macam – macam nama posisi pemain sepak bola beserta tugas yang harus dijalani, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua dan menambah wawasan anda mengenai sepak bola.

Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *