Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Pengertian Offside Dalam Pertandingan Sepak Bola

Pengertian Offside – Jika Anda adalah seorang penggemar atau pemain sepak bola pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata offside bukan ? Nah maka dari itu dalam kesempatan kali ini Penjas.ID akan membagikan pengetahuan seputar peraturan offside dan juga penyebab terjadinya offside dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Karena offside merupakan sebuah pelanggaran, maka tidak sedikit pelatih ataupun pemain yang memanfaatkan momen ini sebagai strategy khusus untuk menjebak lawannya supaya terperangkap offside. Nah jadi selaku pemain terutama penyerang, harus tetap berwaspada akan jebakan tersebut dengan cara memperhatikan formasi yang diterapkan lawan dan posisi pemain belakang dari lawan itu sendiri.

Pengertian Offside Adalah ?

Offside merupakan peraturan yang diadopsi dari pertandingan Rugby sejak tahun 1800an, yang mana peraturan ini mulai diterapkan pada permainan sepak bola pada tahun 1985. Saffield FC merupakan pengusul adanya offside yang mana melarang seorang pemain berdiri di dekat gawang lawan.

Secara umum offside adalah salah satu pelanggaran yang terjadi apabila seorang pemain berdiri didekat gawang lawan atau dibelakang pemain bek lawan lalu ia menerima umpan dari timnya.

Penyebab Terjadinya Offside

Penyebab Terjadinya Offside
Ilustrasi Penyebab Terjadinya Offside

Dalam permainan sepak bola, offside sendiri tergolong kedalam pelanggaran yang mana seorang pemain tidak segaris lurus dengan pemain belakang lawan saat menerima umpan dari tim.

Pernyataan diatas merupakan peraturan yang sekarang ini diterapkan. Tapi jika kita menengok kebelakang kedalam sejarah sepak bola dan peraturan offside yang diterapkan dulu ada banyak sekali peraturan yang berubah – ubah seperti halnya berikut ini:

1. Aturan Tiga Pemain Dibelakang

Maksut dari aturan tiga pemain dibelakang yaitu pemain sudah dinyatakan offside meskipun didepannya masih terdapat tiga pemain lawan (termasuk kiper). Tentu peraturan ini sangat menyusahkan pemain bukan, nah maka dari itu peraturan ini diubah lagi sehingga bisa lebih masuk akal.

2. Aturan Dua Pemain Dibelakang

Karena peraturan diatas sangat sulit, maka diperbarui lagi dengan peraturan dua pemain dibelakang yang maksutnya yaitu penyerang dikatakan offside jika hanya terdapat dua pemain belakang lawan (bek dan kiper). Peraturan ini merupakan peraturan pertama yang disahkan oleh Asosiasi Sepakbola Skotlandia pada tahun 1904, yang kala itu FIFA masih mulai didirikan.

3. Aturan Satu Pemain Dibelakang

Setelah Fédération Internationale de Football Association (FIFA) berdiri peraturan barupun mulai digunakan sampai saat ini yaitu pemain dinyatakan offside jika hanya ada satu pemain belakang saja (kiper).

Itulah ulasan tentang pengertian offside dan juga penyebab terjadinya offside berdasarkan perkembangan sepak bola. Nah mungkin hanya itu saja yang dapat kami tuliskan pada kesempatan ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua terutama buat Anda yang hobi dengan sepak bola.

Ibay Saya hanyalah seorang penulis blog yang kebetulan hobi dengan dunia olahraga, maka dari itu disini saya membagikan hal yang saya tahu tentang olahraga di blog penjas.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *